Kamis, 10 Maret 2016

PROPOSAL MANASIK HAJI TAHUN 2015/2016 SDN 001 PANGKALAN LESUNG



PEMERINTAH KABUPATEN PELALAWAN
SDN 001 PANGKALAN LESUNG
NSS : 101090804001 – NPSN : 10495455
Alamat : Jl. Lintas timur Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan  Prov. Riau
e-mail: pkl.lesungsdn@yahoo.com






 

Nomor : 421/SDN-001/2015/
Lamp   : 1 ( Satu ) berkas
Hal      : Permohonan Bantuan Dana Kegiatan Manasik Haji
Kepada
Yth. ........................................
Di
Tempat
Dengan Hormat
Dengan datangnya surat ini kami berharap semoga bapak/ibu dalam keadaan sehat wal ‘afiat. Aamiin.Kami panitia pelatih manasik haji SDN 001 Pangkalan Lesung Kec. Pangkalan Lesung memohon agar kiranya dapat membantu kegiatan ini. Adapun tujuan kegiatan ini adalah melatih siswadengan Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini.Sebagamana firman Allah SWT :
وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang   sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imron: 97).
Sebagai bahan pertimbangan bagi bapak/ibu/saudara/i, bersama ini kami sertakan proposal permohonan bantuan untuk kegiatan di sekolah kami Dan Profil sekolah.
Demikian atas terkabulnya permohonan ini, kami ucapkan banyak terima kasih.
 Pangkalan Lesung  Agustus 2015
Menyetujui
Kepala Sekolah                                            Ketua Panitia                                                Sekretaris


SUWARSIH, S.Pd                              ABDUL ROJAK, S.Pd.I                                    HARDANES
Nip. 19650401 199112 2 001             Nip. 19810025 200801 004

Mengetahui
Camat PKL. Lesung                           K.a UPTD Pendidikan Kec. PKL. Lesung              Komite


FIRDAUS, S.P, M.Si                        SABARUDIN, S.Pd, MM, Pd                             SAIDIMUN
Nip. 197701092005021003             Nip. 19661206 199310 1 002

KATA  PENGANTAR

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa serta shalawat beserta salam semoga selalu tercurah keharibaan baginda Nabi Muhammad SAW, Alhamdulillah kami dapat mengajukan proposal bantuan disekolah.
Usaha Peningkatan Sumber Daya Manusia adalah suatu kegiatan yang memerlukan pemikiran yang baik dan dengan upaya kerja keras oleh semua pihak yaitu Pemerintah, Kepala sekolah, Guru, Orang tua, Siswa, dan berbagai elemen masyarakat harus saling bahu membahu dan bekerja sama untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal dimasa yang akan datang.
Keadaan sarana dan prasarana yang terbatas merupakan suatu kendala untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia seutuhnya, untuk itu diperlukan bantuan, dan dengan adanya bantuan ini diharapkan semangat guru dan siswa akan termotivasi dan hasilnya diharapkan maksimal sesuai dengan yang diharapkan.
Pada kesempatan ini kami mengharapkan perhatian Kepada Bapak/Ibu yang sangat dermawan.
Atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan kami ucapkan terima kasih.

                                                                      Pangkalan Lesung  Agustus 2015
                                        Ketua Panitia


                                                            ABDUL ROJAK, S.Pd.I 
                                                                Nip. 19810025 200801 004 


PROPOSAL KEGIATAN MANASIK HAJI
“Manasik Haji, Menumbuhkan Semangat Berhaji Sejak Dini”
SDN 001 PANGKALAN LESUNG

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ
Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.” (QS. Ali Imron: 97)

A.    PENDAHULUAN
Segala puji milik Allah ta’ala. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam, kepada keluarga dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum, para tabi’indan tabi’ut-tabi’in rohimahumullah dan kepada semua kaum muslimin yang berpegang teguh pada sunnahnya. Amien.
Sesungguhnya haji adalah bentuk ketaatan yang agung dan ibadah yang mulia. Didalamnya terdapat realisasi penghambaan dan kesempurnaan ketundukan dan kerendahan diri dihadapan Rabb Azza wa Jalla. Haji mengeluarkan manusia dari kenikmatan dan gemerlap dunia menuju kepada Rabb-nya, meninggalkan harta dan sanak keluarganya, meninggalkan rumah dan tanah airnya, melepaskan pakaian yang biasa ia kenakan dan hanya mengenakan dua helai pakaian (pakaian ihram), tidak mengenakan penutup kepala, merendahkan diri kepada Rabb-nya, meninggalkan wewangian dan istri, melakukan banyak amalan sunnah disela-sela manasik haji dengan hati yang khusyu’, mata yang berlinang air mata, dan lisan yang berdzikir, mengharap rahmat dari Rabb-nya, takut akan adzab-Nya, dan syiar dari semua yang disebutkan diatas adalah:
لَبَّیكَ اللھمَّ لبَّیْكَ
(Labbaik Allahumma labbaik).
Maknanya, sesungguhnya aku tunduk kepada-Mu wahai Rabb, aku memenuhi panggilan-Mu, mentaati hukum-Mu dan melaksanakan perintah-Mu.
Talbiyah adalah syi’ar haji. Seorang muslim memulai amalan  haji dengan talbiyah dan berjalan menuju Makkah dengan bertalbiyah hingga tiba di Baitullah kemudian segera melaksanakan thawaf. Setelah itu ia bertalbiyah setiap kali berpindah dari satu rukun ke rukun yang lain dan dari satu manasik ke manasik yang lain. Jika ia berjalan menuju Arafah maka ia bertalbiyah, begitu juga jika ia menuju Muzdalifah dan Mina sampai melempar jumrah aqabah baru ia memutus talbiyah. Talbiyah adalah syi’ar haji dan yang disunnahkan dalam amalan-amalan manasik.
Betapa besar  pengaruh dari ibadah haji yang penuh keberkahan bagi kaum muslimin terhadap pensucian dan perbaikan jiwa, dan sebagai obat kekurangannya dalam menjalankan perintah dan melaksanakan hak-hak Allah.
Bukankah wajib atas seorang muslim untuk selalu bertalbiyah terhadap panggilan Allah, melaksanakan perintahnya, dan menunaikan hukum-Nya. Bukankah wajib atas seorang muslim untuk menjadikan urusannya dalam setiap ketaatan untuk bertalbiyah terhadap panggilan Allah  dan melaksanakan  perintah-Nya.
Allah telah memerintahkan hamba-Nya untuk shalat, zakat, puasa, shadaqah, menepati janji, amanah, berbuat baik, dan melarang mereka dari berzina, membunuh, meminum khamr, berdusta, berbuat curang, dan khianat. Bagaimanakah posisi seorang muslim terhadap perintah-perintah dan larangan-larangan tersebut. Apakah ia harus memenuhi perintah Allah dengan melaksanakan ketaatan kepada-Nya ataukah ia akan bergelut dengan kefasikan dan kemaksiatan.
Sesungguhnya hakikat Islam adalah menyerahkan diri kepada Allah dengan mentauhidkan-Nya dan melaksanakan ketaatan kepadanya, serta berlepas diri dari kesyirikan dan para pelakunya. Allah berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.”

Firman Allah: (masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan yaitu berislam dengan melaksanakan syariat Allah dan taat terhadap perintah-Nya. Dan firman-Nya: (secara keseluruhan) yaitu semua hal. Mujahid berkata: “ yaitu laksanakan semua amalan-amalan dan jalan-jalan kebaikan”.
Allah memerintahkan mereka dengan semua cabang iman dan syari’at-syari’at Islam sedangkan syari’at Islam itu banyak. Oleh karena itu hendaknya mereka melakukkannya semampu mereka.. Sebagaimana Allah berfirman:
 “Maka bertakwalah  kepada Allah semampu kalian..”
Dalam sebuah hadits:
إِذَا أَمَرْتُكُمْ بِأَمْرٍ فَأْتُوا مِنْه  مَا اسْتَطَعْتُمْ
“ Jika Aku memerintahkan kalian dengan sebuah perintah maka lakukan semampu kalian”.
Ayat-ayat yang mengandung perintah untuk berserah diri kepada Allah, memenuhi panggilan-Nya, melaksanakan perintah-Nya, dan senantiasa taat kepada-Nya itu  sangat banyak.
Wahai orang yang diperintahkan berhaji oleh Allah kemudian kalian penuhi panggilan-Nya dan kalian datang menuju baitullah dengan mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan adzab-Nya,. Bagimana dengan perintah-perintah yang lain? Bagaimana dengan shalat yang merupakan tiang agama dan ibadah yang paling agung setelah syahadat? Bagaimana shalatmu? Bagimana puasa dan zakatmu? Bagaimana usahamu untuk menjauhi hal-hal yang dilarang dan diharamkan? Jika kamu melaksanakan semuanya maka bertahmidlah dan mintalah kepada-Nya tambahan ibadah yang lain. Akan tetapi jika kamu lalai dan luput maka hisablah dirimu sebelum kamu dihisab di hari kiamat.
Sesungguhnya hari ini adalah hari untuk beramal dan belum ada hisab, sedangkan besok adalah hari hisab dan tidak ada lagi amal. Sebagaimana Allah berfirman dalam sebuah hadits qudsi:
“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya ini adalah amalan kalian, Aku hitung untuk kalian kemudian Aku penuhi janji atas amal kalian. Barangsiapa yang mendapati amalannya baik maka pujilah Allah, dan barangsiapa yang mendapati amalannya tidak baik maka janganlah kau mencela kecuali dirimu sendiri”
Sesungguhnya manusia dengan perintah dan larangan terbagi menjadi beberapa keadaan: diantara mereka ada yang mewajibkan diri mereka untuk melakukan ketaatan dan menahan diri dari perbuatan maksiat. Demikian ini adalah keadaan orang yang beragama dengan sempurna, dan termasuk dari sifat orang bertaqwa yang paling utama. Keadaan yang lain yaitu mereka tidak melaksanakan ketaatan dan lebih mendahulukan perbuatan maksiat. Ini adalah keadaan yang paling buruk dari keadaan orang-orang yang terbebani dengan syari’at. Dia berhak mendapatkan adzab dikarenakan ia telah lalai untuk mengerjakan apa yang diperintahkan kepadanya dari ketaatan, dan juga adzab dikarenakan ia telah melakukan perbuatan maksiat. Diantara mereka juga ada yang melaksanakan ketaatan dan mendahulukan perbuatan maksiat, maka ia berhak mendapatkan adzab. Karena ia telah celaka terkalahkan oleh syahwat untuk lebih mendahulukan perbuatan maksiat. Keadaan yang lain yaitu mereka yang menghalangi orang untuk melakukan ketaatan dan mencegah dari perbuataan maksiat. Orang tersebut berhak mendapatkan adzab dari agamanya.
Wajib bagi seorang muslim untuk menasehati dan menjaga dirinya sendiri agar selalu melakukan ketaatan kepada Rabb-nya dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan kesabaran dan mengharapkan pahala. 
Salah seorang salaf berkata, “ Sesungguhnya kami telah meneliti dan kami dapati bahwa bersabar dalam mentaati Allah itu lebih mudah daripada bersabar atas adzab-Nya”. Berkata yang lain, “ Bersabarlah wahai hamba Allah atas amalan yang pahala-Nya tidak cukup bagi kalian, dan bersabarlah dari amalan yang adzab nya membuat kalian tidak bersabar”.
Betapa besar manusia menjaga dirinya di dunia ini dari perkara-perkara yang ditakutkankan akan membahayakan tubuhnya atau mempengaruhi kesehatannya. Bersamaan dengan itu mereka tidak menjaga diri dari perkara-perkara yang akan membawa dirinya kepada hukuman Allah dan mengarahkan dirinya kepada adzab-Nya.
Ibnu Syubrumah berkata, “ Aku heran terhadap orang yang menjaga makanannya karena takut terhadap penyakit, akan tetapi dia tidak menjaga dari perbuatan dosa karena takut ancaman neraka”.
Hammad bin Zaid berkata, “ Aku heran terhadap orang yang menjaga makanannya karena takut akan membahayakan dirinya, sedangkan ia tidak menjaga dirinya dari dosa karena takut akan akibatnya”.
Wahai saudaraku yang diberi taufiq pikirkanlah semua yang telah disebutkan tadi, juga dengan mengingat wasiat Nabi terhadap para jamaah haji. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan selainnya dari Abi Umamah, ia berkata, “ Aku mendengar Rasulullah berkhutbah dalam haji wada’ bersabda: ( Bertaqwalah kepada Rabb kalian, shalatlah lima waktu, puasalah pada bulan ramadhan, tunaikanlah zakat dan harta kalian, dan taatilah pemimpin kalian, maka kalian akan memasuki surga Rabb kalian). Tirmidzi berkata: “ini adalah hadits hasan shahih”. Diriwayatkan dari Hakam berkata: “shahih atas syarat muslim”. Disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi.
Kami memohon kepada allah untuk menjadikan kami dan kalian semua termasuk dari orang-orang yang memenuhi panggilan-Nya dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Semoga Allah mengilhami kepada kita petunjuk, juga memberi taufiq kepada kita untuk mentaati-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Pengabul Do’a.
Haji adalah merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah haji adalah wajib bagi seluruh kaum muslimiin yang memiliki kemampuan secara financial, fisik dan aman dalam perjalanan. Mereka yang mampu menunaikan ibadah haji merupakan manusia manusia pilihan apabila ibadah mereka benar-benar niat karena mencari ridho Allah ini merupakan alasan penting kita mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berlatih ta’alla semata serta memahami dan memenuhi rukun dan wajib haji tersebut. Hal fisik ndan juga mental serta membekali diri dengan ilmu seputar tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benardan sesuai sunnah rasulullah. Kita berharap dan optimis panggilan Allah dating kepada kita untuk menunaikan ibadah haji menjadi nyata, sehingga kita kelak dapat melaksanakan ibadah haji sesuai tuntunan yang benar dan kita kembali ke tanah air dengan membaawa amanat “HAJI MABRUR”. Amin.
Manasik haji dan umrah adalah faktor yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap muslim terutama calon jama’ah haji, agar kepergiannya untuk menunaikan ibadah haji itu benar-benar dibekali dengan pengertian dan pengetahuan yang cukup tentang ibadah yang merupakan rukun Islam yang kelima itu. Ibadah haji dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan bagaian dari materi yang senantiasa diberikan dan diperkenalkan kepada siswa melalui teori yang begitu padat, dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan, materi tersebut hanya diberikan secara teoritis saja, sehingga target yang diharapkan siswa maupun guru tidak tercapai. SDN 001 Pangkalan Lesung sebagai wdah pendidikan Islam memberikan kesempatan untuk bergabung melakukan praktek kegiatan haji dan umrah melalui Manasik Haji dan Umrah untuk siswa/guru/orangtua/dan masyarakat. Kegiatan tersebut juga berkaitan dengan memperingati Hari Raya ‘Idul Qurban 1433 H. Hal ini adalah sebuah momen yang sangat penting yang patut disyukuri.

B.     DASAR KEGIATAN
  1. QS. Ali Imron 3 : 97
“Ibadah haji merupakan kewajiban manusia kepada Allah, yaitu bagi mereka yang mampu melakukan perjalanan ke ka’bah Baitullah. Barangsiapa yang mengingkarinya maka sesungguhnya Allah maha kaya dan tidak memerlukan sesuatu dari alam semesta”
  1. Hadist riwayat Bukhori Muslim.
“Dari Abu Hurairah ia berkata : Rasullullah SAW pernah ditanya : Amal apakah yang utama? Nabi menjawab : beriman kepada Allah dan Rasulnya. Ia bertanya : apa lagi? Nabi menjawab : Jihad fisabilillah. Ia bertanya : apa lagi? Nabi menjawab : Hajji yang mabrur”
  1. Rapat Dewan Guru SDN 001 Pangkalan Lesung, Komite pada hari kamis, 26 September 2015 tentang kegiatan peringatan Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 M

C.    NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama:
SIMULASI MANASIK HAJI

D.    TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini memiliki tema:
“MANASIK HAJI, MENUMBUHKAN SEMANGAT BERHAJI SEJAK DINI”

E.     TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan Manasik Haji 2015 ini bertujuan untuk:
1.      Menanamkan sedini mungkin kepada peserta didik tentang kewajiban  haji bagi setiap muslim.
2.      Sebagai Syiar Islam di lingkungan Kelurahan Pangkalan Lesung dan sekitarnya.
3.      Memberikan pengalaman praktis/pembelajaran praktek langsung tentang ibadah haji dan umrah kepada siswa/guru/wali murid dan masyarakat di lingkungan Kelurahan Pangkalan Lesung.
4.      Sebagai sarana taqarrub kepada Allah SWT agar segera dipanggil untuk bisa melaksanakan ibadah haji.



F.     WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan ini insya Allah dilaksanakan pada :
Hari, Tanggal              Sabtu 26 september 2015
Waktu                         : 07.30 WIB s/d Selesai
Tempat                        : SDN 001 Pangkalan Lesung
  1. Start/Miqot/Bir ‘Ali    : Kantor Camat
  2. Padang Arofah            : Masjid Al-khoirat
  3. Kawasan Muzdalifah  : Masjid Al-khoirat
  4. Kawasan Mina            :
  5. Masjidil Haram           : SDN 001 Pangkalan Lesung
  6. Shofa dan Marwa       : SDN 001 Pangkalan Lesung
  7. Masjid Nabawi            : SDN 001 Pangkalan Lesung
  8. Finish                          : SDN 001 Pangkalan Lesung

G.    PESERTA
Kegiatan ini diikuti oleh :
Peserta
Jumlah
1.    Siswa-siswi SDN 001 P. LESUNG
200
2.    Wali murid SDN 001 P. LESUNG
200
8.    Panitia
55
Jumlah
455


H.    SUSUNAN PANITIA
            Pelindung                    UPTD
            Penanggung Jawab     :
1.      Kepala Sekolah SDN 001 Pangkalan Lesung
2.       Saidimun.
3.      Ravanis.
Committee                  : Saidimun
Ketua                          Abdul Rojak
Sekretaris                    Hardanis
                                                  Anas Shuwam
Bendahara                   Elly Suaidah


Seksi-seksi :
1.          Sie Kegiatan
Koordinator         : Khoiruddin

Anggota              :   Gustami
    Vevi Nurul Hidayah
                                                    Suliana
                                                    Fitri Rangkuti
                                                    Susi Ruyana
2.          Perlengkapan
Koordinator         Ismail
Anggota              : Bahmi Rizal
                                                  Basuki
                                                 Annas Bahtiar
3.          Publikasi dan Dokomentasi
Koordinator         : Anas Shuwam
Anggota              : Annas Bahtiar
4.          Konsumsi
Koordinator         : Novi Dayanti,
Anggota              Seksi perlengkapan
                              Nurlaili Nst, Siti Sunariah, Nurhidayah, Ita Mey Yeti
5.          Keamanan           : Polsek Pangkalan Lesung
6.          Kesehatan
Koordinator         : Puskesmas
7.          Penerima Tamu   
Koordinator         : Misnarwati
Anggota              : Siti Sunariah
  Susi Ruyana,
                             Aswindo Anka,
8.          Dekorasi             
Koordinator         : Khoiruddin
Anggota              : Gustami, Vevi Nurul Hidayah, Bahmi Rizal, Asmadi Alinas
9.          P. Dana                :
Koordinator         :Ismail
Anggota              : Hardanes, Anas Shuawam, Dkk



I.       SUSUNAN ACARA
Kegiatan Manasik Haji
  • Ihram Haji dari miqat
  • Perjalanan ke Arafah  dan melakukan shalat 2 rakaat
  • Melanjutkan ke muzdalifah untuk mengambil kerikil
  • Menuju mina untuk Mabit
  • Melempar Jumrah di Jamarat
  • Perjalanan ke Ka’bah untuk melakukan thawaf wajib
  • Melakukan sa’i dari Shafa ke Marwah
  • Tahallul.
  •  Thawaf wada’
  • Pembukaan
  • Tilawatul Qur’an
  • Laporan Panitia
  • Sambutan – Sambutan
  • Do’a dan Penutup



J.      ANGGARAN DANA
No
Deskripsi
Uraian
Volume
Harga satuan
Jumlah
1
kesekretarisan
ATK
1 Paket
-
 Rp    345.000
2.
Kegiatan
Sewa alat (Ka’bah, maqam ibrahim, dll)
1 paket
-
 Rp    500.000
3.
Perlengkapan
Sewa soundystem komplit
1 paket
-
 Rp 1.500.000
4.
Dekorasi, Dokumentasi dan Publikasi
Banner
10
 Rp           60.000
 Rp    600.000
Kaset Handycame

 Rp        500.000
 Rp    500.000
Cetak photo
1 paket
 Rp         400.000
 Rp    400.000
5.
Konsumsi
Makan 1x
495
 Rp           15.000
 Rp 7.425.000
Air mineral
50
 Rp           20.000
 Rp 1.000.000
6.
Keamanan

1 paket
-
 Rp 1.000.000
7.
Kesehatan

1 paket
-
 Rp 1.000.000
8
Spanduk

3
-
 Rp    600.000
9
Senek

495
 Rp             7.500
 Rp 3.712.500
10
Transportasi



 Rp 1.000.000
11
Tenda



 Rp 2.000.000
12
Honor Instruktur



 Rp    500.000
13
Hewan kurban
Kambing
2

 Rp 4.000.000
14
Bumbu-bumbu Masak



 Rp 1.500.000
15
Buah-buahan



 Rp    500.000
16
Pakaian Ihram

20 Orang

 Rp 1.200.000
17
ATD



 Rp 2.500.000
Jumlah
 Rp 31.782.500

No
DESKRIPSI
URAIAN
DEBET
KRIDIT
1
Permohonan Awal
Anggaran Awal

 Rp         31.782.500
2
Dana yang sudah ada
Dari Dewan Guru
 Rp  1.500.000

Jumlah Anggaran Yang Dibutuhkan

Rp      30.282.500

Pangkalan Lesung  Agustus 2015
                                    Ketua Panitia                                                   Sekretaris



                                   ABDUL ROJAK, S.Pd.I                               HARDANES
                                  Nip. 19810025 200801 004



PENUTUP


Demikian proposal ini kami buat, dengan harapan dapat dijadikan bahan pertimbangan. Bagi bapak.
Saran dan kritik yang positif selalu kami tunggu demi kelancaran dan kebaikan pada : acara manasik haji SDN 001 pangkalan Lesung Kec. Pangkalan Lesung Kab. Pelalawan.
Mudah-mudahan sedekah yang bapak sumbangkan untuk kegiatan ini hendaknya mendapat Ridho dari Allah SWT. Atas bantuan dan kerja samanya kami ucapkan terimakasih.


Pangkalan Lesung  Agustus 2015
                                    Ketua Panitia                                                   Sekretaris



                                   ABDUL ROJAK, S.Pd.I                               HARDANES
                                  Nip. 19810025 200801 004



3 komentar :

  1. bapak, minta izin copy paste, semoga selalu dalam barokah Allah SWT

    BalasHapus
  2. Ijin copy yach,,, buat pengajuan

    BalasHapus
  3. Mohon ijin copy ya.. jazakallah khair

    BalasHapus