Selasa, 08 Maret 2016

KEGIATAN PELATIHAN MANSIK HAJI SDN 001 PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN-RIAU





 KEGIATAN PELATIHAN MANSIK HAJI SDN 001 PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN-RIAU
 
SDN 001 Pangkalan Lesung menggelar kegiatan latihan manasik haji untuk para siswanya. kegiatan latihan manasik haji ini di lakukan sudah yang ketiga kalinya. Pertama diadakan pada tahun 2010 yang ke dua tahun 2012 dan yang ketiga diadakan pada hari selasa 08 Maret 2016. Kegiatan latihan manasik haji itu dimulai dari pasar baru kecamatan Pangkalan lesung sampai halaman SDN 001 Pangkalan Lesung, dengan Tujuan dilaksanakannya kegiatan pelatihan manasik haji tersebut menurut Ibu Kepala Sekolah SDN 001 Pangkalan Lesung SUWARSIH, S.Pd adalah sebagai upaya untuk menanamkan pendidikan agama secara dini. “Khususnya dalam pelaksanaan ibadah haji, karena untuk ibadah ini tidak bisa dilakukan setiap saat dan tidak semua orang nantinya akan bisa melakukan, sehingga agar mereka paham maka manasik ini dilakukan dan sebagai motifasi sekola lain yang belum mengadakan kegiatan manasik haji ini”. “tutur Kepala Sekolah SDN 001 Pangkalan Lesung”.
Acara yang dibuka oleh Ibu Kepala SDN 001 Pangkalan Lesung, SUWARSIH, S.Pd ini juga dihadiri Bapak Camat atau yang mewakili Kecamatan Pangkalan Lesung, Ibu Ketua PKK Kecamatan Pangkalan Lesung, Bapak KUA Kecamatan Pangkalan Lesung, Bapak KUA Kecamatan Ukui. Bapak Lurah Pangkalan Lesung, Tamu undangan, Wali Murid, Siswa-siswai SDN 001 Pangkalan Lesung yang berjumlah 345 Siswa.
Ibu kepala SDN 001 Pangkalan Lesung mengemukakan, untuk  menggelar kegiatan latihan manasik haji itu pihak sekolah menyiapkan tempat dan benda terkait prosesi ibadah haji, seperti mock up Ka’bah ukuran mini, Padang Arafah, Muzdalifah, Mina, tempat melempar jumrah, hingga Bukit Shafa, Bukit Marwa, air zam-zam dan pemondokan haji. 
Ibu Kepala SDN 001 Pangkalan Lesung dan seluruh guru SDN 001 Pangkalan Lesung terlibat secara langsung membimbing para siswa melakukan kegiatan latihan manasik haji. “Latihan manasik ini juga dibantu oleh sebagian dari siswa-siswi MAS Al-Khairat”. ujar Ibu Suwarsih, S.Pd Kepala SDN 001 Pangkalan Lesung.
Kegiatan pelatihan  manasik haji   itu diawali dengan mengambil miqat sambil membaca niat haji di pasar baru kecamatan pangkalan lesung. Setelah itu para siswa menuju Arafah untuk wukuf  sambil membaca tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan talbiah.
Selepas wukuf, para siswa dibawa ke Muzdalifah untuk mabit dan mengumpulkan batu. Setelah itu mereka menuju Mina untuk melempar jumrah ula, wushtha dan aqabah. Seusai melempar jumrah, selama perjalanan siswa tetap membaca talbiah bersama-sama. Kemudian  siswa diajak ke halaman Sekolah SDN 001 Pangkalan Lesung untuk menuju ke Masjidil Haram depan Ka’bah.Tawaf tujuh kali, kemudian  dan  minum air zamzam sambil membaca doa minum air zam-zam.
Siswa kemudian diajak sa’i, yakni berlari-lari kecil dari Bukit Shafa ke Bukit Marwa sebanyak tujuh kali. Selama perjalanan dari miqat sampai akhir perjalanan manasik haji, siswa terus membaca niat atau doa sesuai dengan tempat yang di lakukan pada saat kegiatan manasik haji tersebut.





  v

1 komentar :